Jumat, 29 April 2011

Servis New Jupiter MX Lebih Simpel

Bikers Indonesia. 30 april 2011 - Mau servis Yamaha Jupiter MX 135LC katanya repot ya ? Itu mau buka penutp mesin dan sayapnya agak susah. Oh penyebabnya bukan cuma jumlah sekrup L dan baut kembang yang banyak, tapi juga sulit lihat susunan rangkaiannya. Begitu salah trik pas bongkar-pasang, biasanya klip pengunci atau cover malah jadi patah. Tapi beda sama Yamaha Jupiter MX 135LC.

Servis Yamaha Jupiter MX 135LC bisa dibilang mudah loh daripada servis versi yang lama. Untuk melepas pelindung mesin Jupiter MX lama memang bagian yang dilepas bukan cuma cover atas tapi juga sayap kanan-kiri. Itu juga harus lepas 7 sekup L4 dan 1 buat plus di cover tengah.


Bagian yang sulitnya pas mau buka cover atas kalau ingin servis karbu dan filter udara. Karena bentuknya agak menekuk dan ruangnya sempit, jadi agak sulit pas mau dilepas. Wajar kalau pada ragu.

Kalau dibandingkan dengan New Jupiter MX135LC yang model cover sayapnya sudah berubah,  jauh lebih simpel. Sebab untuk melakukan servis ringan, cukup melepas dua bagian cover yaitu atas dan sayap samping kanan.

Jika ingin servis karburator dan filter

Kalau hanya servis karburator dan filter, cukup cover atas dilepas dengan membuka 2 sekrup L4 dan 1 baut kembang. Kedua bagian vital ini sudah bisa dilihat juga tanpa kesulitan melepas covernya.


Tapi, kalau dengan mencopot busi, cover sayap samping kanan tinggal dibuka. Itu juga hanya melepas 2 sekrup L4 yang mengikat di antara sayap kanan dengan tebeng depan, juga sambungan sayap kanan-kiri di bagian bawah. Baru deh cover samping ditarik ke belakang agar bebas dari pengaitnya.

Jadi, kini tidak lagi deh ditakuti mekanik bengkel resmi dan bengkel umum. Soalnya selama ini pemilik MX jadi kesal karena mekanik ogah-ogahan servis motor karena ribet buka cover bodi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar