Senin, 17 Oktober 2011

Perhatikan Usia Pakai Ban Dalam Jika Pernah Bocor

 

Bikers Indonesia™. 17 Oktober 2011 - Paku jalanan atau semacamnya berada dimana-mana, ini yang harus di waspadai oleh pengendara motor. Jika terkena alhasil ban bocor deh, ADUUH. Kalo udah bocor, tukang penambal ban langsung memvonis "ganti ban dalam aja mas, soalnya ban dalemnya udah parah nih, kalo ditambal nanti bocor lagi" BUSYET dah ah !

Pengalaman buruk ini bisa jadi menimpa mas bro. Sebenernya bocor kaya gimana sih yang harus ganti ban dalam baru ? Pengetahuan ini penting untuk menghindari tipu-tipu tukang tambal ban.


Sebab perbedaannya lumayan jauh loh, kalau kita menambal satu lubang bisa sampai Rp. 6 s/d 7 Ribu. Nah kalau kita beli ban baru bisa 6 - 7 kali lipat tuh, kira kira seharga Rp. 35 - 50 Ribu, waduh waduh beda jauhkan.

Sebenarnya kalau hanya 3 - 4 lubang masih bisa ditambal dan dipakai dengan baik.


Namun, apabila lubang yang bocor itu melebihi dari 1cm, ban dalam memang harus diganti. Kalau lubang yang seperti itu ditambal malah tidak kuat. Bocor yang kuat ditambalnya hanya bocor akibat dari tusukan paku.

Lalu kenapa ban bisa bocor dengan lebar. Nah ada kok jawabannya ini jawabannya. Biasanya pengendara memaksakan diri untuk tetap jalankan motor yang kempis akibat bocor. Padahal di dalamnya masih ada paku yang menancap. Saat roda berputar paku ini merobek ban dalam.

Kalau kebocoran terjadi di sekitar pentil bagaimana ?, hampir dipastikan sudah tidak bisa lagi digunakan. Sulit menambalnya dan tidak akan kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar