Kamis, 20 Januari 2011

Up Grade Kopling Honda Tiger



Yups kopling Honda Tiger bisa diupgrade dengan cara mengganti komponen di dalam rumah kopling yaitu clutch lifter, center clutch dan clutch pressure. Semua komponen tersebut mencomot jeroan kopling Minerva Migelli 250. Jumlah kampas kopling juga ditambah jadi 6 susun dari sebelumnya yang hanya 5 buah (Gmbr.1).

Dengan cara ini,  menjamin jarak main per kopling lebih lebar sehingga jadi responsif dan jarang slip kopling. Untuk instalasinya, bongkar dulu bak kopling dengan melepaskan 12 buah baut cover bak kopling pakai kunci 10. Kemudian bongkar 4 buah baut pengikat center clutch bawaan standar pakai kunci L ukuran 10.

Gambar 1
Gambar 2

Nah sebelum membongkar clutch pressure, maka perlu membongkar primary gear terlebih dulu. Caranya dengan memuntir nut atau lock-nya. Kemudian baru lepaskan center clutch dari rumahnya. Caranya sama, yakni dengan memuntir nut atau lock-nya.

Selanjutnya baru mamasang clutch lifter, center clutch dan clutch pressure milik Minerva Migelli 250. Lalu pasang per kopling sebanyak 6 buah (Gmbr.2). Nah per kopling-nya pakai kepunyaan Yamaha Scorpio yang dijual satuan seharga Rp 90 ribu.

Sampai sini, timbul persoalan yaitu center clutch bakal mentok dengan primary gear akibat penambahaan kampas juga pelat kopling. Solusinya cukup tambahkan ring pengganjal yang diselipkan pada as primary gear. Rasio ketebalan ring tersebut adalah 3 mm.

Langkah terakhir adalah memasang kembali semua bagian, caranya seperti kebalikan saat bongkar. Beres deh…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar