Jumat, 04 Maret 2011

Spesifikasi Oli yang Cocok untuk Supra X

Bikers Indonesia. Konsultasi - Motor saya Honda Supra-X tahun 2000, oli mesin yang saya gunakan merek STP Syntetic SAE 10w40, performa mesin bagus, kecepatan bisa mencapai 115 km, pertanyaannya:
  1. Apakah spesifikasi oli ini cocok untuk motor Supra-X tahun 2000?
  2. Apakah bagus menggeber motor hingga full gas? Soalnya setiap bulan saya melakukan perjalanan jauh kira-kira 400 km?
  3. Enduro 4T SAE 20w-50 dengan Castrol Power 1 gold, serta STP syntetic motor oil, diantara 3 pelumas ini, yang bagus dan cocok dengan spesifikasi mesin motor saya?

Alfin

Jawaban:


Salam kenal buat Bro Alfin di tempat, okee langsung saja ya bro.

Masalah pelumas atau lubricant atau oli sangat erat banget hubunganya dengan mesin motor. Disini yang jadi masalahnya adalah sejauh mana kualitas oli itu cocok dengan pemakaian atau sesuai dengan kondisi lingkungan dimana kita memakai kendaraan itu sendiri.

Yang lebih vital adalah cocok kah pelumas yang dipakai dengan kondisi mesin motor kita? Pada dasarnya semua oli itu bagus, dan selama ini banyak ditemui juga oli palsu beredar di pasaran.

Saran saya teliti dan pahami tentang pemilihan produk oli itu sendiri, masalah SAE yang berbeda sangat berpengaruh juga di kinerja motor.

Cuma di saat sekarang penggunaan oli tidak seperti zaman dulu yang masih mempertimbangkan kekentalan olinya karena material mesin dan perangkat ratio juga komponen pendukungnya butuh oil yang karakternya sangat kental dan belum mempertimbangkan uji emisi dan kerak yang timbul akibat efek pembakaran.

Tapi di saat sekarang produsen oil saling berlomba meningkatkan kualitas dan hasil produksinya demi kepuasan pelanggannya.

Masalah SAE kalau menurut saya sesuaikan kebutuhan dan suhu lingkungan dimana Bro Alfin tinggal.  Enduro 4T 20W50, saya kira cocok untuk kebutuhan Bro Alfin yang berjalan 400 km per bulan.

Masalah digebernya motor, saya kira enggak masalah sejauh masih dalam pemakaian yang normal dan service berkala yang rutin, demikian dari saya semoga bisa membantu, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar