Selasa, 16 Agustus 2011

Prediksi. Mudik Lebaran 2011, Motor Naik 7,4 Persen


Bikers Indonesia. 16 Agustus 2011 - Sama seperti tahun sebelumnya, arus mudik berkendara menjelang Idul Fitri 1432 H diprediksi bakal naik. Kementerian Perhubungan memprediksi peningkatan arus mudik pada 2011 untuk sepeda motor akan meningkat 7,42 persen dari 2,3 juta unit kendaraan roda dua  di 2010 menjadi 2,47 juta unit motor tahun ini.

Hal ini dikatakan Kahumas Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Kemenhub Djoko Sulaksono. Menurutnya, peningkatan volume kendaraan di jalan raya merupakan sesuatu yang lumrah terjadi, apalagi menjelang hari besar seperti Lebaran.

Untuk sebaran arus mudik, dari Jakarta ke wilayah barat (Merak)  akan dipenuhi 158.530 unit motor (7,9 persen), wilayah timur (Ciasem, Sadang) akan disesaki 1.493250 unit motor (74,1 persen) dan ke wilayah selatan (Cianjur) sebesar 362.520 unit (18 persen). Untuk puncak mudik diprediksi pada H-3 atau pada 27 Agustus 2011.

Adanya peningkatan volume kendaraan ini, tak urung membuat Kemenhub beserta Instansi terkait lainnya melakukan perbaikan infrastruktur jalan dengan cepat, hal ini dilakukan untuk menjamin pengguna aman dan nyaman saat melintas di jalan itu. 

Perbaikan rambu lalu lintas, serta alat penunjang lainnya yang telah rusak karena telah usang atau bahkan hilang akan diganti sesegera mungkin.

Saat ini sedang dikerjakan infrastruktur di wilayah yang akan dilalui pemudik seperti Kawasan Industri Cikarang, Subang, Brebes, Pekalongan dan Kendal. Jalan Lingkar Nagreg sedang dilakukan pemangkasan tanah pada tanjakan agar mencapai kelandaian ideal.

Selain itu mengingat adanya beberapa ruas jalan pantura dan jalur selatan kemungkinan bisa terjadi longsor seperti Bumiayu-Prupuk. Mereka sudah mengantisipasi dengan menurunkan kendaraan berat untuk mengatasinya.

Untuk memudahkan komunikasi pengendara bisa mengakses info yang bisa didapat melalui internet dengan alamat http://www.hubdat.web.id atau http://www.hubdat-rttmc.web.id. Bisa juga melalui SMS dengan nomor 0813-8006-8000 atau Facebook dengan alamat rttmc hubdat dan Twitter di @infomudikllaj.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar