Sabtu, 14 Mei 2011

Alat Pemotong Rantai. Lebih Aman Dibanding Di Ketok

Bikers Indonesia. 15 Mei 2011 - Haduh beli rantai motor tapi kepanjangan, biasanya tuh dipotong agar bisa dipasang. Tapi JANGAN  sembarangan. Jika tidak sesuai aturan dapat merusak rantai dan tidak fleksibel saat memutar gir depan dan belakang.

Contoh potong rantai dengan paku dan martil ke arah pin mata rantai. Memang bisa dilakukan dengan susah payah tapi, ada efek sampingnya. Pin di mata rantai berubah struktur akibat dipukul paksa berulang-ulang dan bikin pin bengkok juga menyebabkan lubang menyempit atau melebar.


Daripada kaya gitu merusak rantai. Mending pakai alat khusus untuk memotong rantai. Kalau pakai alat khusus lebih aman loh?

Seperti pemotong rantai merek Grip-on. Dipercaya dapat memangkas jumlah mata rantai sesuai keinginan. Proses potong hanya menekan perlahan salah satu pin hingga terlepas karena sistemnya press. Sisi dalam pelat mata rantai ditahan ujung pengait berupa catok. Bushing pin di mata rantai enggak berubah bentuk.

Keuntungan pakai alat ini, konstruksi bushing rumah pin rantai tetap sempurna. Gerak rantai pun tetap fleksibel. Tapi, ingat, alat ini hanya dipakai untuk memotong rantai dan bukan menyambung rantai karena memang tidak direkomendasikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar