Rabu, 06 Juli 2011

Honda CBR 150R Tanpa Kick Starter? Gak Perlu Takut Dorong

 

Bikers Indonesia. 7 Juli 2011 - Ada yang khawatir dengan motor sport Honda CBR 150R tanpa kick starter. Waduh kalo mogok pasti harus dorong tuh ? Santai saja, gak perlu takut atau khawatir, motor sport 150cc ini kena penyakit aki tekor yang menyebabkan electric starter-nya mati.

Varian CBR 150R yang terdahulu juga enggak ada kick starter-nya dan ternyata tidak ada masalah kan. Yang penting rajin cek aki. Dalam jadwal perawatan berkala, mekanik harus melakukan pengecekan voltase baterai atau aki. Umumnya saat usia 1,5 tahun kemampuan aki mulai menurun dan harus di ganti.

Kalau aki CBR 150R lama dan baru sama-sama punya arus 5 ampere. Selain itu, upgrade dari karburator ke injeksi bahan bakar PGM-Fi juga memberikan benefit pada perangkat starter elektrik ini.

Injeksi PGM-Fi membutuhkan suplai arus listrik yang lebih stabil, makanya perangkat altenator dan regulator-nya berubah jadi 3 Phase dari yang sebelumnya hanya 1 Phase.

3 phase juga lebih baik dalam proses charging. Charging bagus, aki juga bakal terus bekerja optimal. Jadi enggak perlu takut dorong deh ?

foto : motorplus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar