Kamis, 14 Juli 2011

Honda Spacy Vs Honda Scoopy, Adu Cepat Cek Filter Udara

Bikers Indonesia. 14 Juli 2011 - Honda Scoopy dan Honda Spacy. Keduanya, memiliki tipe engine sama. Termasuk juga dengan Honda BeAT. Begitunya ada perbedaan soal penempatan filter udara. Perbedaan tempat ini, salah satunya diakibatkan dari fungsi dan besarnya bagasi yang ditawarkan di bawah jok pengendara.



Karena tempat penyimpanan barang Spacy lebih besar, filter pun tidak bisa mengambil tempat yang sama layaknya BeAT atau Scoopy. Tapi, kalau bicara soal pengecekan filter yang sama-sama aplikasi tipe viscous element, mana kiranya yang lebih mudah dan cepat ya.

Ayuk dicoba!


SPACY
Sebelum buka filter udara, sobat kudu buka air duck. Part ini, berfungsi buat menyalurkan udara ke CVT dan ke filter. Ada dua dari total 7 baut penutup filter udara yang terhalang air duck.

Buat melepas air duck sendiri, mesti melepas dua baut pakai kunci L5 dan satu baut pakai obeng kembang. Setelah baut terlepas, air duck tak bisa langsung dikeluarkan. Tapi, didorong atau geser ke depan (mendekati blok silinder) untuk menggapai dua baut filter udara.


Lanjutkan membuka baut penutup filter pakai obeng kembang. Untuk membedakan antara baut air duck dengan filter udara, baut air duck sedikit lebih pendek.

Total waktu yang dibutuhkan buat membuka saringan udara Spacy, sekitar 2 menit 59,93 detik. Cukup cepat ketimbang memasangnya kembali yang butuh waktu 3 menit 35,62 detik. Oh ya! Ketika pasang filter dan air duck, perhatikan sil karet penutup. Sebab, fungsi sil ini mecegah kotoran dan air masuk.


SCOOPY
Buat buka filter udara Spacy atau BeAT, setidaknya bisa pakai obeng kembang panjang tangkai 10 cm. Sebab, kalau terlalu panjang pun, bakal mentok dengan sok belakang ketika membuka baut bagian bawah sisi kiri filter.


Scoopy atau BeAT tidak mengaplikasi air duck. Jadi, tinggal fokus membuka enam baut penutup filter udara aja. Tiga di bagian atas, dua di bawah dan satu di tengah sisi terkanan filter udara.

Untuk baut yang disebut terakhir, posisinya agak di dalam lubang. Tepatnya di sisi filter SASS (Secondary Air Supply System). Ketika membuka filter, sedikit kesulitan buat melepasnya keluar. Karena posisinya agak terhalang ban. Begitu juga ketika memasangnya kembali.


Waktu buat buka filter, 3 menit 35,08 detik. Lebih lama lagi ketika pasang. Yaitu, 4 menit 41,11 detik. Faktor ini bisa disebabkan ruang. Artinya, filter Spacy yang ada di sisi samping, bikin lebih leluasa buat bergerak ketimbang Scoopy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar