Kamis, 14 April 2011

Mio Gak Langsam dan Oli Habis

Salam kenal Om Aong. Motor saya Yamaha Mio 2006. Saat ini ada sedikit trouble pada engine.

1. Ketika dinyalakan pagi hari, bunyi tik tik tik dari head. Tapi, kalau sudah panas, bunyinya hilang. Kenapa ya?

2. Kenapa Mio saya tidak bisa langsam sempurna? Sudah setel karburator, tapi 2 hari kemudian mesin tidak langsam kembali, dan terjadi suara tembakan di knalpot.

3. Sudah oversize 50. Masalahnya oli cepat sekali habis. Terakhir diganti, sisanya gak lebih dari 500 mL. Padahal tidak ada oli rembes.
Terima kasih.


Pengirim : manggala barata satria
depok

Jawabannya :

1. Suara tik..tik..tik… ketika pagi, bisa jadi karena setelan klep yang renggang. Terjadi ketika pagi, karena oli belum maksimal naik ke atas head. Sehingga benturan pelatuk dan klep tidak bisa diredam oleh oli. Begitu mesin panas dan oli sudah memenuhi kepala silinder, bunyi itu akan hilang.

2. Tidak bisa langsam sempurna sebabnya bisa dari karbu yang sudah mulai pada aus. Atau bisa juga ada kebocoran dari intake manifold. Bisa dari sambungan intake dengan head atau klep intake yang mengikat karbu kurang keras. Tapi, kebanyakan Mio bocor dari sambungan intake manifold dengan kepala silinder. Bisa karena lubang baut selek atau plastik penyekat sudah pecah. Akibat kebocoran ini, bisa susah langsam atau bikin suara nembak dari knalpot.

3. Oli cepat abis bisa karena korter yang kelewat longgar. Untuk itu harus dicek kelonggarannya. Celah antara piston dan liner harusnya dibikin 0,01 atau 0,02 mm. Kalau sudah 0,03 mm dipastikan oli cepat abis.

sumber : motorplus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar