Rabu, 17 November 2010

Seandainya Persaudaraan Itu Terjalin Kembali .................

Rabu, 17 November 2010 - Tulisan ini saya turunkan menyikapi beberapa peristiwa yang terjadi dan menimpa rekan rekan Honda Tiger Mailing List di beberapa wilayah di Nusantara, seperti kejadian pemukulan/pengeroyokan dan intimidasi atas HTML Simpul Wilayah Jogjakarta dari oknum-oknum member club Honda Tiger di kota Jogjakarta, kemudian pertikaian dan intimidasi atas HTML Simpul Wilayah Palembang juga dari oknum oknum club Honda Tiger di Palembang.

Saya sedih, saya miris, saya marah sekaligus saya kecewa!

HTML sebenarnya dibentuk sebagai lembaga informasi dan komunikasi dari para pemilik, penggemar sekaligus pemerhati motor Honda Tiger dimana saja. Dan selanjutnya menjadi organisasi Komunitas yang independent dan mandiri serta mengedepankan Safety Riding dan semangat Persaudaraan Tanpa Batas diantara Bikers Roda Dua. Komunitas HTML yang awalnya berdiri sebagai millist di yahoogroups pada tanggal 18 Oktober 2000 dan dilegimitasikan sebagai bentuk organisasi Komunitas HTML pada tanggal 17 agustus 2002, sangat berkeinginan menjadi Organisasi Komunitas Honda Tiger yang independent mandiri dan diterima oleh semua pihak dan HTML sangat menerima dan menghormati organisasi / club Biker Honda Tiger lainnya.

Beberapa peristiwa sebagai Saksi Sejarah betapa akurnya HTML dengan organisasi Bikers lainnya terutama organisasi / club berbasiskan Honda Tiger saat awal awal berdirinya HTML dulu:

1. HTML sebagai Millist diawal dulu (tahun 2000) sangat didukung oleh para rekan rekan club Bikers di Jakarta terutama, terbukti banyaknya member millist Honda-tiger@yahoogroups.com yang merupakan anggota club Honda Tiger di Jakarta.

2. HTML diawal Kopdar perdana dan Turing perdananya di tahun 2002 dibimbing dan dikawal oleh salah club tertua di Jakarta. Turing yang melibatkan hamper 20 motor anggota club motor Honda Tiger tersebut sangat sukses dan meriah, sehingga disetiap tahunnya dirayakan sebagai Turing Napak Tilas HTML.

3. HTML merayakan Ulang Tahun pertamanya di Bandung dan disupport oleh Club Motor Honda tiger tertua di Indonesia. Bagaimana saat itu para member HTML yang sangat awam dengan dunia per biker-an dan turing dikawal dan dibimbing, malah sebagai ucapan selamat kami di berikan hadiah kejutan berupa kue ulang tahun.

4. HTML juga diundang dan ikut berpartisipasi dalam gelaran event Jambore Honda Tiger ke empat di Pasir Putih Lampung pada tahun 2004. Dimana saat itu para peserta yang hadir dari club-club dan organisasi motor Honda Tiger seluruh Indonesia mencetuskan ide pemikiran pembentukan wadah induk organisasi motor Honda Tiger di Indonesia.

5. Begitu pula ditahun yang sama HTML kembali hadir dan berpartisipasi dalam gelaran event perayaan satu Dekade Club Honda Tiger di Bandung yang merupakan Club Honda Tiger pertama di Indonesia. Di sebuah lapangan Lanud Bandung, di Deklarasikanlah sebuah wadah induk organisasi Honda Tiger di Indonesia. Walau akibat beberapa peraturan yang tertuang di aturan dasar induk organisasi tersebut dengan lapang dada membuat HTML tidak bisa masuk sebagai anggota induk organisasi tersebut. Namun demikian, HTML tetap berkomitmen untuk men-support wadah induk organisasi tersebut dan berkomitmen berada di lingkaran luar organisasi tersebut.

6. Nomer Lima diatas dibuktikan dengan kehadiran dan full support HTML saat diundang dalam Jambore Honda Tiger ke lima di Semarang pada tahun 2005. Dengan kekuatan personil 175 motor, HTML menjadi menjadi kontingen terbanyak yang hadir diluar kota Semarang, dan turut mensukseskan acara tersebut.

7. Demikian pula dengan event event selanjutnya yang mengundang HTML secara resmi. Mengapa secara resmi, karena demi menjaga dan menghormati yang mempunyai acara, HTML berkomitmen untuk menghadiri acara full force apabila diundang resmi dan tidak akan hadir (walau satu motor) apabila tidak diundang secara resmi. Ini demi persaudaraan yang terjaga diantara biker Honda Tiger di Indonesia.

8. Website HTML / KHTI (Komunitas Honda Tiger Indonesia) di www.honda-tiger.or.id diawal pembentukannya sampai beberapa tahun terakhir Honda sekarang juga menyediakan ruang halaman kepada club-club Honda Tiger lainnya untuk menginformasikan (mempromosikan) clubnya dan atau menginformasikan berita berita mengenai clubnya. Dan itu sangat efektif, banyak club motor Honda Tiger di daerah daerah terinformasi dengan jelas dan tanpa ditutup tutupi, sehingga orang awam bisa mengetahui club motor Honda Tiger yang terdekat dengan domisili mereka berada.

Seiring dengan bertambahnya waktu, member HTML baik secara millist maupun Komunitas juga mempunyai simpul wilayah wilayah di Indonesia sebagai perwakilan member di wilayah wilayah (kota / wilayah tingkat 2). Bukan sebagai penyaing club / organisasi Honda tiger yang ada sebelumnya, tapi hanya lebih sebagai jalur komunikasi dan bentuk aktualisasi diri dari para member HTML dan sebagai komunikasi dengan club / organisasi motor Honda Tiger di kota tersebut. Ngga lebih! Banyak contoh dimana HTML didaerah-daerah dapat diterima oleh club/organisasi motor Honda Tiger local tersebut, baik yang berdiri sebelum HTML berdiri ataupun setelah HTML berdiri.

Saya pernah merasakan bukti langsung keakraban tersebut waktu saya tinggal selama 2 tahun (2004 – 2006) di Pulau Bali. Bagaimana saya dan teman teman HTML sering kopdaran bareng, turing bareng dan melakukan aktifitas bareng tanpa rasa permusuhan dan kompetisi! Dan keakraban itu masih berlanjut di beberapa kota kota lain, seperti saat HTML merayakan HUT ke 9 nya di Kota Bandung pada tahun 2009 yang silam. Event itu sukses diadakan dengan dihadiri beberapa club motor Honda Tiger. Atau dengan club motor Honda Tiger di kota Depok, dimana sampai sekarang saya masih sering ngobrol, ngopi dan cela cela an bareng dengan mereka baik di lokasi base camp kopdaran mereka maupun di secretariat club mereka. Thanks Brother!

Namun, entah virus apa yang beredar atau entah apa yang telah terjadi, HTML saat ini seakan menjadi momok di beberapa club di kota kota tertentu. Mulai dari adanya spanduk penolakan HTML, intimidasi yang diterima oleh member HTML di wilayah tersebut, sampai tuntutan pembubaran HTML di kota tersebut, dengan alasan hanya boleh ada satu organisasi motor Honda Tiger di kota tersebut. Wah, padahal sesuai pasal 28 UUD 1945, setiap warga Negara Indonesia dijamin kebebasan berpendepat, mengemukakan pendapat dan berserikat di Negara Republik Indonesia ini.

Apakah dosa kami sebagai HTML. Apakah memang HTML yang awalnya sangat dekat dan mensupport club club Honda tiger di Indonesia dengan turut terlibat dalam pembentukan dan deklarasi wadah induk organisasi club Honda Tiger di Indonesia dan bahkan menyediakan halaman di web KHTI yang dikelola HTML, harus dimusuhi seperti ini. Saya yakin, sebagai sebuah organisasi kami HTML bukanlah organisasi yang sempurna, masih banyak kekurangan dan kesalahan yang diperbuat oleh HTML baik secara organisasi maupun yang diperbuat oleh member membernya HTML. Namun selayaknya sebuah institusi organisasi yang resmi (HTML terdaftar di Departement Kehakiman dalam Lembaran Negara Repubik Indonesia) HTML tentu saja mempunyai Pengurus yang bisa diajak musyawarah untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan kaidah dan norma yang digunakan oleh masyarakat di negeri ini. Bukan dengan kekerasan dan intimidasi untuk melakukan penyelesaian setiap masalah. Apalagi melibatkan dua institusi yang berbeda dan mandiri.

Saya pernah bertemu dengan beberapa member Organisasi / club motor Honda Tiger dan ngobrol secara santai. Awalnya dia tidak tahu bahwa saya anggota HTML, dia sangat akrab dengan saya membicarakan masalah motor Honda Tiger. Tapi setelah dia tahu bahwa saya anggota HTML, dia mulai jengah, mulai menjauh. Saya tanyakan, kenapa? Dia bilang bahwa dia ngga suka dengan anak HTML. Saya tanyakan lebih lanjut, kenapa ada alasan apa, apakah pernah anak HTML mengganggu dia atau organisasinya? Dia bilang ngga pernah. Terus saya gali lagi, ternyata ketidak sukaannya yah hanya ngga suka sama HTML dan kata orang lain yang dia dengar dari member organisasi club Honda Tiger lainnya HTML harus dimusuhi. Wah… salah kaprah.

Ada salah satu kejadian peristiwa lainnya. Dimana saya bersama dengan istri saya sepulang menghadiri HUT ke 9 HTML di Bandung Desember 2009 yang lalu, bertemu dengan rombongan biker dari beberapa organisasi club motor Honda Tiger diperjalanan pulang saya dari Bandung ke Jakarta. Karena satu perjalanan maka saya bareng dengan rombongan tersebut karena kebetulan motor Honda tiger yang saya gunakan tidak menggunakan atribut HTML (dan juga tidak ber box J), saya diterima dengan baik sambil jalan, dan kebetulan saya berada di barisan nomer dua sebagai pembuka jalan. Karena sesuatu halsalah satu peserta rombongan tersebut mengalami kecelakaan dan cidera di kakinya.

Dengan semangat persaudaraan tanpa batas dan merasa sepenanggungan sebagai pengendara motor dijalan serta merasa sebagai bagian satu rombongan saya ikut berhenti untuk menolong. Namun tetapi kenyataannya berbeda saat saya memperkenalkan diri sebagai Dinar anak HTML J. Mereka dan si korban langsung menolak untuk ditolong. Padahal kondisinya sangat parah dan membutuhkan pertolongan dengan segera. Walau akhirnya saya bersikeras menolong dengan meng kontak rekan HTML yang kebetulan juga dari Bandung menuju Jakarta. Dan setelah korban di evakuasi ke klinik terdekat, saya menanyakan mengapa tidak mau ditolong, salah satu mengatakan bahwa saya anak HTML! Waduh, sebegitu haramkan HTML dimata mereka, padahal baik saya secara pribadi maupun organisasi saya di HTML tidak pernah bermasalah dengan mereka secara pribadi maupun dengan organisasi clubnya mereka.

Yah virus anti HTML menjadi pertanyaan bagi saya pribadi, sebagai salah satu penggagas HTML ini. Begitu hebatnya virus tersebut, dan begitu hebatnya pihak pihak yang menyebarkan virus tersebut sehingga HTML sangat jelek dimata mereka, padahal banyak dari mereka tidak tahu apa arti HTML itu sendiri, malah sebagian besar banyak yang belum naik motor Honda Tiger pada saat HTML berdiri di tahun 2000. Ya iyalah, lah kebanyakan ada yang masih berusia 10 – 15 tahun pada saat HTML berdiri tahun 2000 (kelahiran 1985 – 1990). Waduh! Seandainya saya bisa merumuskan dan menemukan jawaban atas pertanyaan pertanyaan saya tersebut diatas?

Di usia 10 tahun HTML di tahun 2010 ini, ingin rasanya saya merasakan betapa indahnya persaudaraan tanpa batas antara sesame pengendara motor Honda Tiger di Indonesia, tanpa memandang pride kedaerahan, tanpa memandang perbedaan warna dan logo organisasi, tanpa memandang segala perbedaan dan tanpa memandang antara dunia maya dan dunia darat. Hanya berkumpul dan bersaudara antar sesame bikers motor Honda Tiger di Indonesia. Insya Allah semoga di perayaan Satu Dasawarsa Honda Tiger Mailing List yang akan diadakan sebentar lagi, saya dan teman teman semuanya bisa merasakan arti dan suasana KEAKRABAN & PERSAUDARAAN TANPA BATAS DIANTARA SESAMA PENGENDARA MOTOR HONDA TIGER DI INDONESIA.

Melalui tulisan ini, saya pribadi juga menghaturkan permohonan maaf yang sebesar besarnya apabila selama ini saya dan HTML pernah melakukan kesalahan baik yang disengaja maupun tidak sehingga membuat luka dihati para pengendara motor Honda Tiger di mana saja, baik yang tergabung di sbuah organisasi / club atau komunitas dimana saja. Mari kita berbicara secara damai dan persaudaraan untuk menyelesaikan masalah yang telah terjadi. Semoga Allah SWT mengijinkan perdamaian dan persaudaraan yang abadi di negeri ini, tanpa kekerasan dan tanpa intimidasi!

PS: saya memohon maaf apabila tulisan ini ternyata ada yang salah dan kurang diterima oleh pembaca rekan rekan semuanya, saya hanya ingin mengungkapkan perasaan saya. Kesalahan hanya selalu milik saya sebagai manusia dan kesempurnaan hanya milik ALLAH.

Wassallam,
Penulis: Dinar Ariefianto
HTML 0001 – Salah satu penggagas & anggota Dewan penasehat HTML

Foto: milik pribadi dan diambil dari beberapa koleksi facebook.

Kopdar Perdana HTML 17 Agustus 2002, yang dikawal oleh salah satu club motor Honda Tiger tertua di Jakarta   

Jambore Honda Tiger ke empat di lampung, 135 motor HTML menghadirinya... (tahun 2004)
HUT Pertama HTML di Kota Bandung
Dekade TAB di Bandung, 2004. 275 motor HTML menghadirinya.
Kaos Event Deklarasi HTCI. Nama HTML tertulis di kaos tersebut.

Foto tsb saya ambil dari tag image rekan di FB, mohon maaf apabila keberatan :)
Jambore Peti Kemas di Semarang. HTML hadir sebanyak 175 motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar