Kamis, 02 Desember 2010

Biker Berpengalaman Minim Resiko Celaka di Jalan?

Jakarta, 2 Desember 2010 - Ilmuwan dari Nottingham University menyelidiki sikap, perilaku, dan keterampilan pengendara sepeda motor sesuai dengan tingkat pengalamannya berkendara.

Studi yang dilakukan oleh Centre for Motorcycle Ergonomics & Rider Human Factors University of Nottingham tersebut dirancang untuk mengetahui apakah mereka yang sebelumnya telah lama berkendara bisa lebih baik dan lebih aman di jalan saat mengemudikan motornya ketimbang yang baru bisa naik motor.

Menggunakan simulator berupa motor Triumph Daytona 675 didapat hasil temuan yang cukup mengejutkan. Ternyata mereka yang telah memiliki pengalaman berkendara tidak lebih aman di jalan. Pada beberapa kasus, pengendara yang sudah lama nyemplak sepeda motor malah bak pemula.

Namun pengendara yang telah lama menunggangi sepeda motor terbukti mampu mengantisipasi dan merespon bahaya lebih baik, mengetahui batas kecepatan di perkotaan, dan sanggup menikung dengan lebih baik daripada yang belum lama naik motor.


Hasil penelitian ini, kata dia membuktikan betapa pentingnya pelatihan dasar berkendara bagi biker sebelum benar-benar turun ke jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar