Minggu, 26 Desember 2010

(Kaleidoskop) 2010, Honda Jor-Joran Bombardir Yamaha

Jakarta 27 Desember 2010 - "Perang" dua produsen dari Jepang, Honda dan Yamaha seolah tak pernah usai. Di tahun ini, "perang" itu pun tampak nyata di depan mata dan semakin memanas. Sehingga sepanjang tahun ini seolah hanya dua produsen ini yang mengeluarkan produk anyar mereka.


Kekalahan di Desember 2008 dan terpaut tipis pada tahun berikutnya menjadikan Honda cukup agresif melangkah menghadapi Yamaha. Agar selisih dengan kompetitor makin jauh Honda menerapkan strategi bombardir lawan. Hampir semua line up produknya di beri penyegaran, dan juga beberapa produk baru mulai dari entry level hingga segmen premium.
Misalnya saja pada awal-awal tahun ini, beberapa model-model minor change dirilis Honda. Seperti Absolute Revo, Supra X dan Supra X PGM-FI yang hanya mendapat sentuhan perubahan striping.

Honda baru mulai coba menggebrak pasar roda dua dalam negeri dengan kehadiran Scoopy. Scoopy menjadikan Honda sebagai produsen motor di Indonesia yang pertama kali menghadirkan skuter matik (skutik) bergaya retro modern. Disini Yamaha kalah langkah. Padahal Yamaha juga punya Fino yang juga mengusung konsep skutik retro.

Aksi berondongan skutik Honda terjadi lagi lewat kehadiran BeAT dengan pelek jari-jari serta Vario Techno tanpa Combi Brake System (CBS). Dengan benderol lebih murah, dua skutk baru ini menjadi perhatian sendiri bagi penggemar Honda. Yamaha Mio dan Mio soul pun kini diapit empat model sekaligus, yakni BeAT, Scoopy, Vario, dan Vario Techno.

Ada satu skutik lagi yang coba ditawarkan Honda, yakni PCX125. Lagi-lagi Honda jadi pemain Jepang pertama di kelas ini yang sebelumnya hanya diisi merek-merek Eropa seperti Piaggio. 

Apakah Yamaha makin terjepit? Jelas tidak. Bukan Yamaha namanya jika habis asa. PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) akhirnya menggelontorkan Xeon, skutik bermesin 125 yang diklaim mengadopsi teknologiforged piston dan diasil cylinder yang ada pada V-ixion.

Yamaha tetap mempertahankan "tema" speed pada Xeon. Skutik ini ditujukan bagi mereka yang gemar motor tanpa gigi tapi tetap bisa ngebut. Xeon pun pede bersama Mio dan Mio Soul untuk head to head dengan pasukan skutik Honda.

Memanasnya perang Honda dan Yamaha tak berhenti sampai disitu, keduanya juga "beradu jotos" pada produk-produk model cub (bebek). Setelah kelahiran Absolute Revo, Supra X dan Supra X PGM-FI striping baru PT Astra Honda Motor (AHM) melansir Revo AT. Yamaha sebenarnya punya juga Lexam, bebek bertransmisi CVT. Namun YMKI memutuskan untuk menahan bebek tanpa gigi ini kala Revo AT meluncur Juli silam. 

Menghadapi Honda yang lebih galak dibanding tahun-tahun sebelumnya, Yamaha pasang starategi bertahan. Keberadaan bebek baru Honda baru dijawab Yamaha dengan hadirnya Jupiter MX generasi teranyar akhir tahun ini.

Dengan segala perubahan pada pagian desian bodi, ban, hingga ke mesin, Yamaha seakan tak rela jika pasar motor cub dikuasai penuh oleh Honda. New Jupiter MX kini berdampingan dengan New Jupiter Z dan New Vega ZR yang telah dirilis tahun lalu.

Dengan demikian sepanjang 2010, Honda punya empat skutik dan empat motor bebek plus satu skutik premium. Sementara Yamaha harus puas hanya memiliki tiga model skutik dan tiga model bebek tanpa skutik premium.

Namun sayangnya "serangan habis-habisan" Honda terhadap Yamaha tak membuahkan hasil yang terlalu signifikan. Dalam catatan penjualan per November 2010, Honda hanya berhasil terpaut 10.382 unit dibanding Yamaha. Honda mengantongi penjualan sebanyak 306.113 unit sementara 295.731 unit.

Pencapaian ini masih jauh dari kemenangan Honda pada 2008 saat di periode yang sama mengantongi 230.544 unti sementara Yamaha tertinggal 20.313 unit dengan penjualan 210.231 unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar